4 Tips Memilih Asuransi Jiwa Syariah

3 April 2019

Pilihan produk berbasis syariah kini semakin beragam. Salah satunya adalah asuransi jiwa syariah. Asuransi syariah ini tidak jauh berbeda dengan asuransi konvensional. Bedanya pada nilai dan prinsip yang dianut.

Asuransi syariah dinilai lebih transparan daripada asuransi konvensional. Namun sebelumnya, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini ketika memilih asuransi jiwa syariah.

4 Tips Memilih Asuransi Jiwa Syariah

4 Tips Memilih Asuransi Jiwa Syariah

4 Tips Memilih Asuransi Jiwa Syariah

1. Cari tahu sistem pengelolaan dana

Pengelolaan dana asuransi syariah sesuai dengan hukum dalam islam yang bersumber dari Al-Quran dan Hadits. Sistem syariah ini mudah diterima oleh masyarakat muslim dan non-muslim. Prinsipnya menggunakan prinsip Mudharabah dan menjunjung tinggi keadilan.

Kelebihan asuransi syariah ini adalah dana Anda tidak akan hangus. Premi yang dibayarkan akan sepenuhnya menjadi miliki Anda. Menguntungkan bukan?

2. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Dalam memilih produk asuransi, Anda harus tahu kebutuhanmu terlebih dulu. Hal ini juga berlaku ketika Anda memilih asuransi syariah. Kalau Anda membutuhkan asuransi syariah untuk resiko kematian, pilihlah produk asuransi jiwa syariah.

3. Pilih produk dan perusahaan asuransi syariah

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk jenis ini. Anda bisa menggali referensi lebih dalam dengan bertanya kepada saudara, teman, atau agen asuransi untuk memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semua perusahaan asuransi syariah pasti memiliki pengawas. Pengawas ini disebut dengan Dewan Pengawas Syariah (DPS). Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki DPS agar produk dan perusahaan yang dipilih benar-benar terjamin kehalalannya dan sesuai dengan syariat islam.

4. Baca detail akad yang dibuat

Kalau sudah memilih produk dan perusahaan asuransi, Anda perlu membaca detail akad yang dibuat. Pelajari dengan cermat, jangan sampai ada yang terlewat. Jika Anda tidak paham, Anda bisa menanyakannya langsung kepada agen asuransi. Para agen ini biasanya juga akan memberikan ilustrasi mengenai produk asuransi yang Anda pilih. Ini juga tidak boleh terlewat olehmu.

Itulah hal-hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi jiwa syariah. Jangan sampai Anda salah pilih produk dan perusahaan asuransi syariah. Pilih dengan cermat, sesuaikan dengan kebutuhan, dan mintalah pendapat saudara atau teman dekat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+