5 Tips Aman Menyewakan Apartemen

30 Oktober 2019

Apartemen kini menjadi hunian yang banyak diminati oleh masyarakat kota. Selain lokasinya yang terbilang cukup strategis, apartemen terbilang cukup praktis. Kamu tidak perlu membangun rumah yang memakan waktu lama, juga membersihkan setiap sudut ruangan yang luas. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang sewa apartemen Jakarta Timur untuk hunian mereka di perkotaan.

Namun, kamu bisa menjadikan apartemenmu pundi-pundi uang. Sama halnya seperti kost-kostan, apartemen juga bisa untuk disewakan pada orang lain dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang bisa dijadikan tabungan untuk membeli aset lainnya. Lumayan, kan?

5 Tips Aman Menyewakan Apartemen

5 Tips Aman Menyewakan Apartemen

5 Tips Aman Menyewakan Apartemen

Namun, untuk proses sewa-menyewa ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, apartemen bukanlah barang murah. Bisa saja kamu mengalami penipuan dan hal-hal lainnya yang bersifat merugikan, seperti barang-barang yang rusak atau hilang, pembayaran yang menunggak, dan lain sebagainya. Hal-hal yang seperti ini tentu saja bisa membuat kamu kapok untuk menyewakan apartemen kembali.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana tips aman menyewakan apartemen, khususnya secara online, yang banyak dilakukan di zaman sekarang ini. Untuk itu, simak rangkumannya di bawah ini.

1. Mengetahui “siapa” penyewa apartemen

Hal pertama yang harus dipertimbangkan yaitu mengetahui siapa yang akan menyewa apartemen. Hal ini tentu saja penting karena apartemenmu harus tetap sama, minimal tidak mengalami kerusakan seperti pada saat pertama kali membelinya. Jika kamu mendapatkan penyewa yang terbilang jorok dan tidak bisa menjaga kebersihan, maka pikirkan dua kali untuk menyewakannya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat peraturan sendiri agar kedua belah pihak bisa merasa nyaman. Misalnya, untuk rutin membersihkan kamar, melakukan penggantian gorden, dan masih banyak lagi.

2. Mempertimbangkan harga sewa

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu harga sewa. Kamu tidak bisa seenaknya memasang harga tinggi. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi apartemen kamu, seperti fasilitas umum, fasilitas kamar, lokasi, ukuran ruangan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, harga yang ditawarkan pun relatif masuk akal.

3. Menyiapkan kontrak

Untuk menghindari hal-hal yang bersifat merugikan, sebaiknya kamu melakukan kontrak dengan penyewa apartemen. Langkah yang satu ini tentu saja sangat penting agar masalah bisa teratasi jika salah satu pihak merasa dirugikan. Oleh karena itu, jangan malas untuk membuat ikatan kontrak, ya!

4. Mempromosikan melalui internet

Zaman sekarang, iklan tidak harus dibuat dalam bentuk cetak. Kamu bisa membuat iklannya di media sosial maupun website penyedia layanan jual beli atau sewa apartemen. Dengan melakukan langkah ini, penyewaan apartemen pun akan cepat diketahui banyak orang, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari orang yang ingin sewa apartemen Jakarta Timur.

5. Melakukan pertemuan dengan calon penyewa

Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu melakukan pertemuan dengan calon penyewa apartemen. Pertemuan ini dilakukan agar kamu bisa mengetahui secara pasti siapa calon penyewa tersebut. Selain itu, calon penyewa juga bisa mengetahui secara langsung bagaimana kondisi apartemen kamu, apakah sesuai dengan yang tertera di internet atau tidak. Jika kedua belah pihak sudah setuju, kamu bisa langsung melakukan kontrak.

Itulah beberapa tips aman saat menyewakan apartemen. Jika kamu berdomisili di Ibu Kota dan sekitarnya, kamu bisa sewa apartemen Jakarta Timur sebagai hunian nyaman bersama keluarga tercinta.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+