Apa Itu Spooring dan Kapan Mobil Perlu Spooring?

17 April 2019

Mobil merupakan salah satu otomotif yang cukup laris di Indonesia. Dengan adanya mobil, seseorang dapat menjangkau tempat yang berjarak jauh dalam waktu yang singkat. Namun, apa jadinya kalau mobil Anda rusak atau mogok, maka Anda akan kesulitan untuk bepergian terutama jika jaraknya jauh. Oleh karena itu, Anda perlu untuk melakukan perawatan pada mobil. Salah satunya dengan melakukan spooring. Inilah mengapa Anda perlu tahu apa itu spooring.

Apa Itu Spooring dan Kapan Mobil Perlu Spooring

Apa Itu Spooring dan Kapan Mobil Perlu Spooring

Beberapa di antara Anda mungkin menganggap bahwa mobil harus di bawa ke bengkel pada saat rusak atau sedang terjadi masalah saja. Padahal agar mobil tetap bagus dan terhindar dari masalah seperti mogok, maka Anda perlu untuk melakukan perawatan seperti spooring maupun balancing.

Apakah Spooring itu?

Sebelumnya sudah banyak sekali disebutkan kata-kata “spooring”. Sebagian dari Anda mungkin belum pernah mendengar istilah ini. Spooring ini merupakan salah satu bentuk perawatan pada mobil yang dilakukan secara berkala. Bentuk servis ini dapat Anda temui di bengkel resmi mobil atau bengkel lainnya yang menyediakan jenis jasa berikut ini.

Spooring sendiri sering kali disebut sebagai proses alignment atau pelurusan pada mobil. Jenis servis yang satu ini dilakukan secara rutin agar kedudukan dari roda mobil tetap lurus. Hal ini karena saat mobil telah sering digunakan maka akan terjadi perubahan kedudukan pada mobil yang mengakibatkan mobil saat digunakan menjadi tidak stabil seperti saat dibeli pertama kali. Dengan adanya servis ini, roda mobil akan diluruskan seperti saat dikeluarkan oleh pabrik.

Kapankah Mobil Perlu Dilakukan Spooring?

Setelah mengetahui mengenai penjelasan singkat mengenai apa itu spooring, maka Anda tentu bertanya-tanya mengenai kapan mobil perlu dilakukan spooring. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini beberapa tanda dari mobil Anda perlu dilakukan spooring.

1. Kemudi Mobil Menjadi Bergetar

Jika Anda merasakan kemudi mobil bergetar terutama jika mobil dikemudikan dalam kecepatan tertentu, maka mobil bisa jadi perlu dilakukan spooring. Seperti yang diketahui bahwa kemudi dari mobil berada atau terletak di bagian depan. Terjadinya getaran pada bagian kemudi ini bisa jadi dikarenakan roda mobil depan tidak lurus dengan bagian belakang. Sehingga mobil Anda perlu dilakukan spooring agar masalah kemudi bergetar dapat teratasi.

2. Mobil Terasa Miring Saat Dikendarai

Tanda lain yang biasanya ditunjukkan saat mobil perlu dilakukan spooring yaitu ketika mobil seakan miring baik itu di sisi kanan atau kiri saat dikemudikan. Hal ini terjadi karena mobil telah mengalami kemiringan yang sangat parah sehingga Anda sudah sangat perlu melakukan spooring atau alignment agar mobil yang dikendarai tetap seimbang di sisi kanan dan kiri maupun belakang dan di depan.

3. Ban Mobil Aus Di Satu Sisi atau Dua Sisi

Ban mobil yang telah aus mungkin Anda anggap sebagai hal sepele seperti karena mobil telah sering digunakan. Namun, bisa jadi ban mobil Anda yang telah aus tersebut disebabkan karena kedudukan mobil yang sudah tidak sejajar lagi seperti saat masih baru. Jika kedudukan roda sudah tidak sejajar dengan sisi yang lainnya maka akan berpengaruh terhadap roda. Roda mobil Anda akan bergesekan sehingga mengakibatkan aus baik itu di satu sisi atau di sisi lainnya.

Itulah penjelasan mengenai apa itu spooring dan tanda perlu dilakukannya spooring. Spooring ini mungkin Anda anggap sepele, padahal servis ini sangat penting dan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+