Cara Klaim Asuransi Prudential Saat Kecelakaan

9 Desember 2018

Setiap orang tentu saja berharap akan kesehatan dan keselamatan sepanjang hidupnya. Namun bencana dan cobaan sering kali datang tanpa diduga. Oleh karena itu asuransi sangat diperlukan untuk membantu Anda dalammenghadapi situasi seperti ini. Bagi Anda yang sedang mencari cara klaim asuransi prudential, berikut penjelasannya.

Tahapan Umum

Tahapan yang biasa dilewati setiap proses klaim adalah pengisian formulir oleh Tertanggung atau pemegang polis dengan menyertakan surat dari dokter. Setelah formulir selsesai diisi, Pemegang Polis hatus menyiapkan data-data yang diperlukan untuk proses pencairan dana seperti: kwitansi pengobatan asli, hasil rekam medis, hasillaboraturium, serta laporan kepolisian.

Setelah semua data terkumpul dan diserahkan kepada Prudential, selanjutnya petugas akan melakukan proses validasi terhadap dokumen terkait. Validasi melibatkan Pemegang Polis itu sendiri dan dalam beberapa kasus bahkan melibatkan dokter. Agar proses validasi berjalan cepat dan lancar, Anda harus mengisi formuli dengan sebenar-benarnya dan sejelas-jelasnya.

Setelah validasi dan verifikasi telah selesai dilakukan serta hasil yang didapatkan sesuai dengan ketentuan, maka proses selanjutnya adalah pembayaran klaim yang akan diberikan kepada pemegang Polis terkait. Proses pencairan akan memakan waktu satu hingga tiga hari, tergantung pada petugas klaim yang sedang menangani kasus tersebut.

Cara Klaim Asuransi Prudential Saat Kecelakaan

Cara Klaim Asuransi Prudential Saat Kecelakaan

Cara Klaim Asuransi Prudential Saat Kecelakaan

Untuk membuat klaim asuransi karena kecelakaan, maka formulir yang diisi adalah PRUpersonal accident death and disablement. Tanda tangan di sini haruslah sama dengan dengan tenda tangan pada SPAJ.

Adapun data-data yang harus Anda siapkan berupa Surat Keterangan dari dokter yang menyatakan Klaim Cacat Total dan Tetap (TPD) yang telah diisi dengan jelas oleh dokter. Ditambah dengan fotokopi seluruh hasil pemeriksaaan yang pernah dilakukan ditambah dengan laporan pemeriksaan radiologi.

Anda juga harus melampirkan sural berita acara kepolisian yang asli apabila kecelakaan tersebut melibatkan pihak kepolisian. Tak lupa untuk menyertakan polis asli sebagai tanda bahwa Tertanggung benar-benar mengalami kecelakaan.

Tips

Sebelum mengajukan klaim, baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang terlutis dalam polis yang Anda beli. Hal ini dangat penting untuk mencegah kesalahpahaman yang sering terjadi akibat kurangnya pengertian pelanggan akan aturan polis yang dibeli. Untuk itu, Anda harus mengerti benar-benar tentang fasilitas yang diperoleh sebelum membeli suatu produk tertentu.

Sangat disarankan untuk melakukan perawatan pada rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Prudential, agar segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga harus melakukan klaim secepatnya, untuk mencegah polis ditolak karena sudah melebihi tenggat waktu yang ditentukan

Itulah cara klaim asuransi prudential saat kecelakaan terjadi. Tetap tenang dan mintalah bantuan dari beberapa sanak dan keluarga agar proses klam berjalan lebih mudah dan cepat selesai. Jangan melakukan klaim terlalu lama dari waktu terjadinya musibah karena dengan begitu kemungkinan klaim Anda ditolak semakin besar.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+