Cara Memilih Deterjen untuk Baju Bayi

1 November 2018

Semua pasti sepakat jika kulit bayi sangat sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Artinya, jika bunda tidak cermat dalam hal memilih deterjen bisa bisa kulit bayi menjadi alergi. Oleh sebab itu, sebaiknya bunda harus memilih deterjen yang memang dikhususkan untuk baju bayi agar bayi tidak rewel dikarenakan mengalami iritasi. Dikhawatirkan, jika ternyata salah memilih deterjen bukan tidak mungkin kesehatan si kecil mengalami masalah yang cukup serius.

Di pasaran sendiri memang cukup banyak sabun cuci cair pakaian bayi yang ditawarkan dengan merek berbeda dan kandungan yang tidak sama pastinya. Tentu saja, situasi ini kerap membuat banyak ibu yang merasa kebingungan dalam memilih. Apakah aman, cocok atau justru membuat kulit si kecil menjadi iritasi. Sayangnya, tidak sedikit produsen yang hanya terfokus kepada pembersihan noda saja.

Cara Memilih Deterjen untuk Baju Bayi

Cara Memilih Deterjen untuk Baju Bayi

Cara Memilih Deterjen untuk Baju Bayi

Nah, berikut ini beberapa tips sederhana dalam memilih deterjen untuk baju bayi seperti:

1. Deterjen Bayi Harus Tidak Mengandung Bahan yang Menyebabkan Alergi

Tidak semua kondisi kulit bayi sama. Artinya, ada bayi yang memang cukup rentan dengan deterjen yang digunakan sehingga menimbulkan iritasi. Untuk itu, pastikan agar bunda memperhatikan komposisi deterjen yang digunakan. Sebut saja, soda api yang sangat berbahaya dikarenakan mampu memicu reaksi gatal pada kulit bayi.

2. Melakukan Tes Terlebih Dahulu

Kemasan kecil yang ditawarkan oleh para produsen memberi manfaat khususnya bagi bunda yang ingin mencoba apakah deterjen untuk kulit sensitif ini benar benar terbukti. Hal ini akan menghindarkan bunda dari pembelian deterjen yang tidak memberi manfaat. Jika ternyata tidak menimbulkan masalah, maka bunda bisa membeli dalam jumlah banyak.

3. Mengutamakan Deterjen Cair daripada Bubuk

Mengapa? Alasannya sederhana yaitu deterjen bayi yang berbentuk cair memiliki sangat sedikit busa dibandingkan dengan yang bubuk. Sehingga, kulit bayi akan aman meski terpapar dengan bahan kimia. Selain itu, deterjen cair sangat mudah masuk kedalam serat kain sehingga segala kotoran pada baju bayi akan mudah terangkat. Berbanding terbalik dengan deterjen bubuk dimana pada umumnya sangat sulit dibersihkan secara sempurna meski sudah mengalami pembilasan berkali kali.

Nah, itulah Cara Memilih Deterjen untuk Baju Bayi yang bisa bunda gunakan. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+