5 Cara Memilih Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

5 April 2020

Tidak ada salahnya Anda belajar skill baru selama masa karantina dari pandemi berlangsung. Pasalnya selain memanfaatkan waktu sebaik mungkin, belajar skill baru juga akan berguna untuk Anda di kemudian hari. Nah, salah satu skill yang bisa Anda kuasai adalah bermain gitar. Untuk itu, mari kita simak ulasan berikut ini tentang tips memilih gitar akustik yang mana rekomendasi terbaiknya adalah gitar Yamaha.

Cara Memilih Gitar Akustik untuk Pemula

Cara Memilih Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Cara Memilih Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Seorang gitaris pemula memang sangat lumrah jika bingung dan tidak tahu apa-apa dalam memilih gitar terbaiknya. Hal ini wajar dan Anda bisa mencari informasi dimana saja. Namun tentu, menjadi seorang gitaris yang handal mengharuskan Anda untuk memiliki gitar yang handal pula. Salah satu jenis gitar yang paling mudah dikuasai adalah gitar akustik.

Belajar gitar akustik tidak sulit. Perawatannya pun juga cukup mudah. Selain itu, harga gitar ini relatif murah dan terjangkau. Salah satu merk yang paling recommended untuk gitar akustik adalah merk gitar Yamaha. Nah, bagi Anda yang hendak membeli gitar, yuk simak beberapa tips memilih gitar akustik bagi pemula, yaitu:

1. Kenali minat dalam memilih gitar

Langkah pertama dalam memilih gitar adalah Anda harus mengetahui minat Anda. jika Anda yakin akan belajar gitar, maka Anda harus tahu dulu jika gitar akustik memiliki 2 jenis, yakni akustik klasik dan akustik biasa. Akustik klasik adalah gitar dengan senar nilon dan memang dikhususkan untuk lagu klasik. Sementara itu, gitar akustik biasa memakai senar string dan bisa untuk memainkan lagu masa kini.

2. Pilih bentuk dan desain gitar Anda

Kedua, setelah Anda tahu jenis gitar mana yang diinginkan, ada baiknya Anda memilih gitar berdasar bentuk dan desainnya. Masing-masing gitar itu unik dan tidak sama. Untuk itu, Anda bisa memilih bentuk dan desain gitar sesuai keinginan dan standar Anda. caranya Anda bisa mencoba memegang bodi gitar dan rasakan pas atau tidak dalam genggaman Anda.

3. Coba suara yang dihasilkan

Cara terampuh dalam membeli gitar akustik adalah dengan mengetes suaranya. Anda diperbolehkan lho melakukan ini di toko selama Anda tidak merusak gitarnya. Cukup coba mainkan satu nada ke nada lain dan dengarkan bagaimana suara yang gitar tersebut dihasilkan. Selain untuk tahu kualitasnya, teknik ini juga berguna untuk tahu karakteristik dari masing-masing gitar yang memang dibuat berbeda.

4. Ajak teman yang mengerti tentang gitar

Ini adalah salah satu tips paling oke ketika mencari gitar, yakni mengajak teman yang pandai memainkan gitar. Setidaknya ketika Anda mengajak teman yang paham tentang alat musik ini, Anda tidak akan dibohongi oleh toko yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Anda juga menambah ilmu dan wawasan ketika memilih gitar bersama teman. Pasalnya, Anda akan bertanya dan teman Anda sudah mahir untuk menjawabnya.

5. Survey harga gitar

Terakhir, Anda harus berani melakukan survey harga gitar. Memang tidak mudah menjelajah dari satu toko alat musik ke toko alat musik lainnya hanya untuk bertanya tentang harga. Namun tindakan ini sangat diperlukan agar Anda tahu harga pasar. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey melalui online dengan cara mengecek harga gitar dari satu e-commerce ke e-commerce lainnya.

Demikian ulasan kali ini tentang tips memilih gitar akustik bagi pemula. Mengembangkan skill bermain gitar tidak sulit dan Anda wajib mencoba. Tentunya, Anda harus memiliki senjata utama, yaitu gitar. Rekomendasinya tentu saja adalah gitar Yamaha. Tunggu apalagi? Beli gitar merk ini dan belajar giat agar Anda menjadi gitaris handal. Semoga ulasannya bermanfaat 🙂

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+