5 Cara Mencegah Dehidrasi pada Tubuh

4 September 2021

Dehidrasi merupakan salah satu kondisi yang harus diwaspadai oleh tubuh. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Mulai dari gangguan metabolisme dan berakibat fatal seperti pusing hingga pingsan. Minum Pocari Sweat bisa jadi salah satu solusi untuk mencegah sekaligus mengatasi kondisi dehidrasi.

5 Cara Mencegah Dehidrasi pada Tubuh

Cara Mencegah Dehidrasi pada Tubuh

Ilustasi minum air putih [Photo by Daria Shevtsova from Pexels]

Pada dasarnya tubuh memang membutuhkan cairan yang memadai sepanjang hari. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan cairan dan mencegah dehidrasi. Langkah-langkah tersebut dapat diandalkan sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan. Berikut adalah 5 langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Minum Air Putih

Jelas sekali bahwa cara paling efektif untuk mencegah dehidrasi adalah dengan meminum banyak air putih. Anda disarankan untuk minum paling tidak 2 liter air sepanjang hari. Namun kebutuhan air ini bisa dikonsultasikan lagi pada dokter karena setiap orang punya kebutuhan yang berbeda. Tanyakan pada dokter berapa volume air yang diperlukan sesuai kondisi tubuh.

Bagaimana agar disiplin minum air putih? Anda bisa menggunakan botol khusus untuk minum. Pakailah botol dengan takaran ml yang tepat sehingga mempermudah Anda mengetahui berapa banyak air yang sudah diminum. Cara ini efektif membantu Anda minum cukup air setiap harinya.

2. Minum Minuman Isotonik

Selanjutnya cara yang bisa dilakukan adalah minum produk minuman isotonik. Saat ini ada banyak pilihan produk minuman isotonik yang akan mencegah dehidrasi secara efektif. Selain minum air, Anda bisa meminum jenis minuman yang satu ini secara rutin sesuai petunjuk konsumsi.

Salah satu produk isotonik yang aman untuk Anda konsumsi adalah Pocari Sweat. Produk ini akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi secara efektif. Pastikan untuk mengimbangi konsumsi produk ini dengan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi lengkap.

3. Makan Buah

Pilihan cara berikutnya untuk mencegah dehidrasi adalah makan banyak buah. Buah bisa menjadi sumber air untuk tubuh yang akan mencegah kekurangan cairan. Konsumsi beragam jenis buah setiap hari sebagai camilan di sela waktu makan utama. Jika tak suka makan buah maka sajikan dalam bentuk jus yang tinggal diminum saja.

Banyak tipe buah yang disarankan untuk dimakan demi mencegah dehidrasi. Buah-buahan yang disarankan tentu adalah jenis buah yang mengandung banyak air. Sebut saja buah semangka, pir, melon, dan jambu air. Pilih jenis buah dengan kandungan air yang banyak untuk membantu menghidrasi tubuh Anda.

4. Hindari Aktivitas Berlebih

Sangat disarankan untuk memperhatikan jenis aktivitas yang dilakukan setiap hari. Demi mencegah dehidrasi sebaiknya hindari jenis aktivitas yang berlebihan. Apalagi jika cuaca sedang panas, aktivitas berlebih akan menguras energi sekaligus membuat kandungan air dalam tubuh terkuras habis.

Sebaiknya lakukan aktivitas dalam batas wajar. Jika memang harus melakukan aktivitas yang sedikit intens dan menguras energi maka imbangi dengan minum banyak air. Konsumsi juga suplemen dan minum isotonik sebagai pelengkap.

5. Hindari Kafein

Demi mencegah dehidrasi, Anda juga sebaiknya menghindari kafein. Kafein diketahui bisa menyebabkan tubuh merasa haus. Kondisi ini sebenarnya bagus karena akan memberi rangsangan alami bagi tubuh untuk banyak minum air. Namun hal ini bisa saja malah membuat seseorang lebih banyak minum kafein karena selalu haus.

Lebih baik ganti kafein dengan minuman yang lebih sehat. Sebut saja air putih, jus buah, minuman isotonik, dan masih banyak lagi. Konsumsi air dalam bentuk yang lebih sehat jelas sangat direkomendasikan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi. Selain air putih, Anda juga bisa membawa Pocari Sweat kemanapun bepergian. Produk minuman ini dapat membantu memenuhi kebutuhan ion tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+