Dibekali Chipset Yang Sama, Ini Perbedaan Iphone Xs Dan Xs Max

30 Januari 2020

Memiliki tampilan fisik yang hampir sama, iPhone XS sering disamakan dengan iPhone X. Namun jika dilihat dari segi performanya, perbedaan iPhone X dan XS akan sangat terasa. iPhone X masih menggunakan chipset Apple A11 Bionic sedangkan iPhone XS sudah menggunakan chipset Apple A12 Bionic. Perbedaan penggunaan chipset inilah yang membuat performa iPhone X dan XS terasa berbeda.

Selain mengeluarkan iPhone X dan XS, Apple juga mengeluarkan seri iPhone X lainnya, yaitu iPhone XR dan XS Max. Kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan iPhone XS dan iPhone XS Max dari berbagai sektor.

Dibekali Chipset Yang Sama, Ini Perbedaan Iphone Xs Dan Xs Max

Dibekali Chipset Yang Sama Ini Perbedaan Iphone Xs Dan Xs Max

Dibekali Chipset Yang Sama Ini Perbedaan Iphone Xs Dan Xs Max

1. Ukuran layar

Perbedaan paling signifikan dari iPhone XS dan XS Max terlihat dari ukuran layarnya. Untuk iPhone XS, ukuran layarnya lebih kecil, yaitu 5.8 inch dengan resolusi 1125×2436 pixel. Sedangkan ukuran layar iPhone XS Max sebesar 6.5 inch dengan resolusi 1242×2688 pixel.

Bagi Anda yang suka dengan smartphone berlayar besar, Anda bisa memilih iPhone XS Max. Dengan layar ukuran 6.5 inch, smartphone ini memiliki tampilan yang memuaskan. Namun jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan ukuran layar, Anda bisa memilih iPhone XS. Ukuran layar 5.8 inch akan sangat pas dalam genggaman tangan Anda.

Selain ukurannya, bagian layar kedua smartphone ini tidak jauh berbeda. Fitur yang disematkan juga hampir sama, seperti retina display, panel OLED, dan HDR.

2. Dimensi fisik

Ukuran layar juga berpengaruh pada dimensi fisik kedua smartphone keluaran Apple ini. Jika perbedaan iPhone X dan XS dari segi dimensi terletak pada beratnya saja, berbeda dengan iPhone XS Max.

iPhone XS Mas memiliki dimensi 157.5 x 77.4 x 7.7 mm dengan berat 208 gram. Sedangkan iPhone XS jauh lebih ringan, yaitu 177 gram dengan dimensi 143.6 x 70.9 x 7.7 mm.

3. Kapasitas baterai

Perbedaan selanjutnya terletak pada kapasitas baterai yang disematkan. iPhone XS Max dibekali dengan baterai yang cukup besar, yaitu 3174 mAh non-removable Li-Ion. Untuk iPhone XS, baterai yang disematkan lebih kecil. Kapasitas baterai iPhone XS hanya 2658 mAh Non-removable Li-Ion.

Meskipun berbeda secara kapasitas, baterai kedua perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur terkini, seperti wireless charging dan fast charging 15W.

4. Sistem operasi

Sistem operasi atau OS bawaan dari kedua smartphone keluaran Apple ini juga berbeda. Perangkat iPhone XS dibekali dengan iOS 12 sebagai OS bawaan sedangkan iPhone XS Max dibekali dengan iOS 11 sebagai OS bawaan. Keduanya bisa diperbarui ke iOS terbaru.

Untuk memori internal maupun RAM yang digunakan, kedua perangkat ini memiliki varian yang sama. Baik iPhone XS maupun XS Max dibekali RAM berkapasitas 4GB dengan 3 varian memori internal, yaitu 64GB, 256GB, dan 512GB.

Begitu juga pada penggunaan chipset. Keduanya dibekali denagn chipset Apple A12 Bionic CPU Hexa-core (2×2.5 GHx Vortex + 4×1.6 GHz Tempest) sehingga dari segi performa, kedua perangkat ini sama baiknya.

5. Harga

Dari segi harga, tentu saja ada perbedaan. Perangkat iPhone XS versi 64GB dijual dengan harga Rp16jutaan sedangkan iPhone XS Max versi yang sama dijual dengan harga Rp17jutaan.

Nah, itulah perbedaan iPhone XS dan XS Max. Dari segi performa, kedua perangkat ini tidak memiliki perbedaan karena dibekali chipset yang sama. Perbedaan terletak pada ukuran layar, dimensi fisik, dan kapasitas baterai. Perbedaan lainnya yang mungkin bisa Anda pertimbangkan adalah masalah harga. Harga iPhone XS lebih murah dibanding iPhone XS Max.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+