5 Fakta Masker KN95 yang Efektif Tangkal Virus Covid-19

17 Juli 2021

Salah satu benda wajib dikenakan saat bepergian ke luar rumah di era pandemi saat ini adalah masker. Saat ini, harga masker KN95 dan jenis masker lainnya cukup stabil padahal sebelumnya sempat melonjak naik dan langka di pasaran.

Belakangan ini masker jenis KN95 menjadi sorotan, karena disinyalir efektif menangkal virus Covid-19. Namun, banyak juga yang mengatakan bahwa masker jenis ini tidak memiliki efektivitas seperti yang dikabarkan. Benarkah demikian?

Fakta Mengenai Masker KN95

Masker KN95

Ilustrasi Masker KN95 [Gambar oleh Markus Winkler dari Pixabay]

Studi di lapangan menyatakan bahwa penggunaan masker KN95 tidak seefektif yang dikabarkan saat pertama kali jenis masker ini diperkenalkan ke publik, bahkan dianggap tidak memenuhi syarat untuk digunakan untuk medis. Menggali informasi ini lebih jauh, berikut 5 fakta seputar masker KN95:

1. Masker KN95 Tidak Seefektif N95

N95 merupakan jenis masker standar yang digunakan Amerika Serikat dan sudah terbukti memiliki efektivitas tinggi untuk menangkal virus Covid-19. KN95 adalah jenis masker yang berbeda dan telah diproduksi oleh banyak produsen, meskipun mirip ternyata KN95 tidak memiliki kemampuan seperti N95.

Dari penelitian dan uji coba yang dilakukan terhadap KN95 oleh Emergency Care Research Institute membuktikan bahwa masker KN95 tidak menyaring aerosol dengan baik sehingga kemampuan perlindungannya tidak sebaik versi N95.

2. Tidak Direkomendasikan untuk Medis

Saat ini, rekomendasi penggunaan masker KN95 di dunia medis tidak direkomendasikan sebab kemampuannya dalam menyaring aerosol tidak terlalu baik. Penggunaan masker ini bagi petugas medis dan pasien akan meningkatkan risiko terinfeksi.

3. KN95 Dapat Digunakan Jika Stok N95 Tidak Ada

Meskipun tidak direkomendasikan, tapi penggunaan masker KN95 tetap dapat dilakukan jika dalam keadaan khusus. Misalnya, ketika stok N95 habis dan pengiriman stok baru tidak dapat dilakukan dengan segera, maka penggunaan KN95 dapat dilakukan. Namun, hal ini hanya berlaku di dunia medis saja. Untuk pengguna umum, tetap bisa menggunakan KN95 tanpa kondisi khusus.

4. KN95 Diperbolehkan untuk Pengguna Umum

Harga masker KN95 di pasaran sebenarnya bisa dikatakan cukup bersahabat dan terjangkau untuk umum sehingga banyak orang menggunakannya. Penggunaan untuk umum sama sekali tidak dilarang, asalkan pengguna tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan baik dan tidak digunakan dalam kegiatan medis.

5. Hanya Digunakan Sekali Pakai

Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai penggunaan masker KN95 yang dapat dilakukan berulang kali. Kampanye ini membuat banyak konsumen tertarik membeli karena dapat lebih hemat dan tidak repot selalu mengganti masker.

Namun, hal ini tidak bisa dibenarkan sebab penggunaan masker KN95 hanya bisa dilakukan sekali, kemudian Anda harus langsung membuangnya. Seperti halnya saat menggunakan masker bedah, langsung dibuang setelah dipakai, ini juga berlaku pada masker KN95.

Kesimpulannya, penggunaan masker KN95 untuk umum diperbolehkan, malah lebih dianjurkan daripada penggunaan masker kain satu lapis. Namun, dalam dunia medis, penggunaan masker tipe ini kurang sesuai.
Jika Anda ingin menggunakan masker jenis ini harus perhatikan cara pemakaiannya dan peruntukannya. Selain itu, selalu patuhi protokol kesehatan, terutama mencuci tangan dengan sabun setelah berkegiatan dan gunakan air mengalir.

Ingin beli masker KN95 dengan harga terbaik, Anda bisa beli secara daring di marketplace atau toko online kesayangan Anda. Harga masker KN95 yang ditawarkan cukup bersahabat, tapi tetap membantu Anda melindungi diri dari penularan virus Covid-19.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+