Perawatan Keratin Disarankan? Inilah 4 Fakta Tentang Keratin Rambut

1 Desember 2020

Banyak sekali campaign yang menerangkan bahwa perawatan keratin dapat meningkatkan keindahan dan kesehatan rambut. Perawatan dengan menggunakan keratin ini berbeda dengan upaya meluruskan rambut. Perawatan ini merupakan perawatan pada rambut yang menggunakan zat kimia. Fungsi zat kimia tersebut adalah membuat rambut bertambah lurus dan rapi.

Fakta tentang Keratin Rambut

Fakta Tentang Keratin Rambut

Ilustrasi rambut

Bagi Anda yang merasa kesusahan mengatur bentuk rambut menjadi lebih indah, mungkin sudah saatnya mencoba perawatan menggunakan keratin. Jika Anda mulai tertarik mencoba perawatan rambut jenis ini, ketahui dulu 4 fakta tentang keratin rambut di bawah ini:

1. Pertimbangan sebelum perawatan keratin

Saat Anda yakin untuk memutuskan keratin rambut, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi pada ahli agar memberikan perawatan terbaik bagi jenis rambut Anda. Usahakan keramas secara rutin untuk menjaga kondisi rambut tetap stabil sebelum dilakukan keratin.

Akan tetapi, dua hari sebelum keratin rambut diaplikasikan, jangan menggunakan sampo dan minyak rambut dengan bobot berat. Ini bertujuan agar tidak ada zat-zat yang menutupi sel rambut yang akan dikeratin.

2. Durasi pengerjaan keratin rambut

Pengerjaan keratin rambut sangat disarankan di salon agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Waktu pengerjaan keratin rambut di salon bervariasi namun yang paling umum sekitar 1-2 jam. Penata rambut akan mengenali model rambut Anda, mulai dari jenis, ukuran panjang dan ketebalan rambut.

Pertama-tama, penata rambut menata sisa residu dan kotoran yang menumpuk di rambut. Kemudian rambut akan diaplikasikan produk keratin dan dibiarkan selama 1 jam. Terakhir, penata rambut menggunakan catokan lurus untuk menutup kutikula sehingga keratin terkunci pada sel rambut.

3. Cara kerja keratin rambut

Rambut kusut disebabkan oleh kutikula dalam rambut yang sudah tidak sempurna lagi. Perawatan rambut dengan keratin dapat membuka kutikula rambut yang baru dan meluruskan struktur rambut dengan sistem flat iron.

Langkah pertama yakni keratin diusapkan pada rambut dan didiamkan agar meresap pada sel-sel rambut. Agar meningkatkan peresapan keratin, penata rambut biasanya menggunakan alat catok berbentuk lurus (hair straightener). Kandungan asam amino dalam keratin dapat menebalkan ikatan pada sel-sel rambut. Anda dapat merasakan efek keratin bagi rambut dalam jangka durasi 4 sampai 6 bulan.

4. Perlakuan pada keratin rambut

Setelah melakukan perawatan rambut dengan keratin, Anda harus melakukan perawatan sendiri di rumah agar tidak merusak keratin. Selama 3 hari pertama setelah keratin rambut, usahakan untuk tidak mencuci rambut terlebih dulu. Untuk menjaga rambut agar tidak berbau apek, Anda bisa menggunakan sampo kering (dry shampoo) agar rambut tidak terkena air.

Hindari mengikat rambut terlalu lama seperti sehari atau dua hari lebih karena dapat membuat tingkat kelurusan rambut berkurang. Anda juga bisa mengoleksi produk-produk perawatan rambut dengan kandungan keratin di dalamnya untuk menjaga rambut tetap lurus.

Ada banyak manfaat perawatan keratin yang didapatkan apabila Anda mengetahui 4 hal di atas. Perawatan ini membutuhkan perhatian dan pengawasan yang cukup tinggi agar tidak berujung sia-sia. Anda dapat menyiapkan budget antara 1 hingga 2 juta sebelum memutuskan perawatan rambut dengan keratin. Namun jika ingin lebih praktis dan murah, maka produk-produk perawatan rambut tertentu juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga rambut tetap lurus dengan kandungan keratin di dalamnya.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+