Jerawat Beserta Bekasnya Akan Hilang Sempurna dengan 8 Kebiasaan Rutin Ini

30 Agustus 2018

Memiliki jerawat tentu menjadi bencana tersendiri, terutama bagi wanita. Memiliki jerawat di wajah akan sangat menganggu penampilan anda sehari-hari. Meskipun terkadang hanya satu bejolan merah saja, namun dapat memberikan efek yang cukup besar yang membuat wajah menjadi kurang enak dipandang.

Jerawat Beserta Bekasnya Akan Hilang Sempurna dengan 8 Kebiasaan Rutin Ini

Jerawat Beserta Bekasnya Akan Hilang Sempurna dengan 8 Kebiasaan Rutin Ini

Ditambah lagi jika terdapat bekas jerawat yang tertinggal, pastinya akan membuat anda semakin kurang percaya diri. Namun tenang saja, jerawat dan bekasnya bukanlah sebuah bencana yang tidak bisa diatasi. Anda bisa mencoba 8 tips di bawah ini untuk membantu mengatasi jerawat dan bekasnya agar wajah kembali mulus.

1. Jangan Memencet Jerawat

Jika anda ingin jerawat segera kabur dari wajah anda, maka jangan sesekali memencet jerawat tersebut. Bukannya membuat jerawat hilang, namun akan menyebabkan bibit jerawat menjadi semakin banyak dan bekas jerawat juga tertinggal. Saat anda memencet jerawat, maka cairan putih yang ada di dalamnya akan tersebar ke bagian wajah lainnya yang membuat jerawat semakin banyak. Akan lebih baik untuk sabar mengobati jerawat satu persatu dibandingkan dengan memencetnya.

2. Jaga Kebersihan Kuku

Menjaga kebersihan kuku tentunya menjadi kewajiban yang tidak boleh dilupakan. Sewaktu-waktu anda bisa saja tak sengaja memencet jerawat dan membuat jerawat pecah. Untuk berjaga-jaga, maka sering-seringlah membersihkan kuku. Tak hanya memotong kuku saja, namun anda juga perlu menyikat bagian luar dan dalam kuku.

3. Tunda Facial Saat Wajah Masih Berjerawat

Melakukan facial saat berjerawat tak membuat wajah semakin bersih, namun malah membuat jerawat semakin berbekas. Saat proses facial, tak jarang jerawat yang ada di wajah anda akan dipencet dan dikeluarkan secara paksa. Meskipun jerawat hilang, namun hal ini justru membuat kulit tampak kusam dengan adanya bekas jerawat.

4. Gunakan Obat Jerawat Sebelum Meradang

Segera gunakan obat sebelum jerawat anda muncul dan kemudian meradang. Jangan tunggu kondisi jerawat memerah baru anda menggunakan obat jerawat. Biasanya aka nada tanda-tanda yang bisa dirasakan saat jerawat akan muncul, seperti benjolan kecil maupun rasa yang sedikit ngilu. Jika anda merasakan tanda-tanda tersebut, maka segera berikan pengobatan pertama untuk menangani jerawat anda. Semakin awal anda menangani jerawat, maka jerawat akan bisa jadi tidak muncul dan resiko bekas jerawat pun berkurang.

5. Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah

Saat kondisi wajah sedang berjerawat, maka jangan terlalu sering mencuci wajah. Hal ini akan membuat kulit wajah menjadi kering. Selain itu, hindari pula melakukan scrubbing karena bisa memicu jerawat lain dapat tumbuh memenuhi wajah anda. Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar tidak membuat jerawat meletus dan tidak menyebabkan bekas adalah dengan melakukan perawatan yang sabar dan telaten.

6. Kompres dengan Es Batu

Anda bisa mencoba mengompres dengan menggunakan es batu agar jerawat dapat kempes. Caranya pun juga cukup mudah, bersihkan wajah terlebih dahulu dan kemudian gunakan es batu yang ditempatkan pada handuk kecil untuk mengompres jerawat yang meradang. Diamkan selama 1 menit dan ulangi teknik ini hingga beberapa kali. Meskipun terasa dingin, namun teknik ini sangat efektif untuk anda gunakan mengatasi jerawat beserta bekas-bekasnya sekalipun.

7. Gunakan Sunscreen untuk Menyamarkan Bekas Jerawat

Saat wajah sudah terlanjur dipenuhi dengan bekas-bekas jerawat, maka jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan bekas jerawat semakin terlihat, bahkan yang memerah sekalipun bisa menghitam.

Dan tentu saja ini akan membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Untuk itulah disarankan untuk menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF tinggi. kandungan niacinamide di dalamnya bisa membantu untuk menyamarkan bekas-bekas jerawat kemerahan di wajah.

Jika sudah terlanjur memiliki bekas jerawat, maka jangan lupa menggunakan sunscreen. Namun, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, cek artikel panduan lengkap OhGitu: Menghilangkan Bekas Jerawat untuk pelajari lebih lanjut.

8. Jangan Mencoba-Coba Masker DIY

Banyak orang yang mencoba-coba menggunakan masker DIY untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Apalagi kini banyak sekali tulisan atau review yang menjelaskan mengenai beberapa masker DIY yang bisa membuat jerawat teratasi dengan cepat. Tentu akan membuat yang membaca, akan tergiur mencobanya. Namun mencoba-coba masker DIY ini sebenarnya malah tidak disarankan. Apalagi jika anda belum terlalu yakin dengan kandungan di dalamnya, maka lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter.

Menurut penjelasan dokter spesialis, setiap masker ternyata memiliki haisl yang berbeda beda tergantung jenis kulit. Sehingga belum tentu kulit anda cocok menggunakannya. Untuk itu lah pintar-pintarlah sebelum anda ingin melakukan eksperimen untuk tubuh anda, kulit menjadi salah satu hal yang berharga yang tidak boleh sembarangan dirawat.

Jika cara-cara di atas belum bisa mengatasi jerawat dan bekas jerawat dengan hingga tuntas, maka lebih baik untuk segera mengkonsultasikan masalah anda kepada dokter kulit yang sudah ahli. Hal ini untuk menurunkan resiko yang lebih membahayakan yang buat penampilan semakin tidak percaya diri. Dengan ahlinya, anda bisa mendapatkan saran yang tepat dan terbaik untuk menangani masalah jerawat anda.

Nantinya anda juga bisa meminta resep obat yang membantu untuk mengempeskan jerawat dan menyamarkan bekas-bekas nya hingga tuntas. Dengan begitu, penanganan anda akan lebih aman dan tidak menghabiskan banyak biaya. Selain itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajah anda setiap harinya agar mencegah munculnya kembali jerawat-kerawat yang dapat menganggu penampilan anda. semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+