Khasiat Vitamin B Kompleks

9 Desember 2018

Tubuh manusia sejatinya tidak akan bisa berjalan dengan sehat seutuhnya tanpa adanya vitamin di dalamnya. Tubuh yang kekurangan vitamin tentu akan mengalami gangguan entah itu gangguan ringan ataupun gangguan berat. Sejatinya orang juga tidak secara rutin mengisi tubuhnya dengan obat-obatan yang mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuhkan. Semua vitamin yang dibutuhkan oleh tubuhnya biasanya bisa didapat dengan mudah dari setiap makanan dan minuman yang dikonsumsinya setiap hari. Sehingga secara otomatis tubuh sudah terisi dengan vitamin yang dikandung oleh makanan dan minuman tersebut. Akan tetapi kenapa masih banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan padahal setiap harinya bisa dibilang selalu mengkonsumsi vitamin? Hal tak lain dan tak bukan adalah karena tidak semua makanan dan minuman yang kita konsumsi tersebut mengandung vitamin yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Adakalanya tubuh kita akan membutuhkan vitamin C lebih banyak dan ada pula kalanya tubuh kita akan membutuhkan vitamin lainnya seperti misalnya vitamin B kompleks.

Khasiat Vitamin B Kompleks

Khasiat Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki banyak sekali khasiat atau fungsi untuk tubuh. Nah vitamin B yang ada banyak sekali jenisnya ini pada akhirnya digabungkan menjadi satu untuk keadaan tubuh yang memang membutuhkan vitamin B secara kompleks atau keseluruhan ini. Beberapa fungsi vitamin B di bawah ini mungkin bisa menambah pengetahuan anda mengenai manfaat vitamin B bagi tubuh manusia. Diantaranya:

  1. Memperbaiki proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin memiliki kemampuan yang bagus dalam hal mengurus pencernaan dalam tubuh. Apalagi ditambah dengan kemampuan vitamin B yang memang mudah larut dalam air.
  2. Meminimalisir kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Ada dua jenis kolesterol secara umum yakni kolesterol jahat dan baik. Nah vitamin B dikenal memiliki kandungan niacin yang mana niacin ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan meminimalisir adanya kolesterol jahat.
  3. Memperbaiki fungsi otak. Vitamin B memiliki kemampuan untuk melindungi bagian saraf otak dari jenis racun otak yang disebut homosistein. Vitamin B ini saat dikonsumsi akan dapat membangun perisai atau pelingdung yang ada di sekitar saraf otak dan nantinya akan dapat menjauhkan dari serangan racun homosistein tersebut. Dengan adanya vitamin B ini maka otak akan bekerja lebih baik untuk konsetrasi dan peningkatan fungsi memori otak.
  4. Membantu tubuh dalam hal peningkatan energi. Dalam hal ini vitamin B memiliki peran untuk menghasilkan energi saat tubuh digunakan untuk beraktivitas. Yang mana prosesnya dimulai dari pengubahan zat karbohidrat dalam tubuh menjadi zat glukosa.
  5. Mencegah kadar penuaan yang terlalu dini. Dalam hal ini vitamin B sangat bagus digunakan untuk kesehatan kulit baik itu kulit bibir, kulit rambut, dan bagian kulit lainnya yang mana terkait dengan penuaan.

Dari beberapa fungsi vitamin B yang telah dijelaskan di atas maka kini setidaknya Anda sudah paham bahwa mengkonsumsi vitamin B sangatlah penting apalagi jika memang tubuh kita sedang membutuhkan banyak kadar vitamin B. Biasanya vitamin B ini bisa didapat dari biji-bijian, gandum, kandungan ikan, dan lain sebagainya. Namun ada kalanya secara tidak sengaja kita kehilangan kandungan vitamin B tersebut saat kita mengolahnya menjadi makanan matang. Oleh karenanya mengkonsumsi vitamin B bisa kita lakukan dengan cara mengkonsumsi suplemen atau obat yang mungkin memang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu suplemen yang dipercaya mengandung vitamin B Kompleks dan sudah banyak dijual pada apotek atau toko obat adalah Neurobion. Obat ini mungkin banyak dikenal oleh masyarakat sebagai obat yang digunakan untuk penyakit saraf yang biasanya diderita orang yang sudah berumur. Hal ini sangatlah wajar karena memang obat neurobion ini mengandung vitamin B yang lengkap alias kompleks. Diantara jenis vitamin B yang dikandung oleh neurobion ini adalah vitamin B1, B6, dan B12. Semua jenis vitamin B ini sebenarnya memiliki fungsi sendiri-sendiri. Namun di dalam neurobion ini semua jenis vitamin B lengkap tersebut berkerja membantu saraf dalam tubuh yang memang membutuhkan perbaikan dan membutuhkam kadar energi yang lebih banyak.

Untuk Anda yang ingin mengkonsumsi obat neurobion maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terpercaya Anda terlebih dahulu. Hal ini karena keadaan tubuh Anda dan orang lain yang berbeda-beda tentu akan memiliki kadar dosis untuk minum neurobion yang berbeda-beda. Apalagi obat ini memang memiliki efek samping sehingga meskipun obat ini mengandung vitamin B yang kompleks namun Anda tetap harus selalu waspada terhadap penggunaan obat ini. Setiap Anda mengalami gangguan pada tubuh Anda dan diduga kekurangan vitamin B maka Anda bisa memilih obat ini sebagai salah satu pilihan obat yang baik untuk tubuh Anda.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+