Macam Genset Sebagai Pengganti Pasokan Listrik

14 April 2020

Hal yang paling dihindari ketika sedang melakukan aktivitas adalah pemadaman listrik. Di zaman serba teknologi ini, listrik memang tidak bisa dipisahkan. Maka dari itu, ketika membutuhkan pasokan energi listrik tetapi tidak tersedia, maka jalan keluarnya adalah dengan sewa genset. Namun ada banyak jenis genset di pasaran. Anda harus teliti agar bisa tepat guna ketika menyewanya.

Jenis Genset yang Umum di Pasaran

Macam Genset Sebagai Pengganti Pasokan Listrik

Macam Genset Sebagai Pengganti Pasokan Listrik

1. Genset Gas

Sama seperti namanya, bahan bakar yang digunakan untuk genset ini adalah gas. Genset ini bisa memakai CNG (Compressed Natural Gas) maupun LPG (Liquid Petroleum Gas). Walaupun bahan bakarnya mudah ditemukan, tetapi genset jenis ini kurang populer. Hal ini disebabkan tidak stabilnya harga gas, bahkan semakin hari malah semakin naik.

2. Genset Diesel

Genset jenis ini adalah genset yang paling familiar digunakan. Selain karena bahan bakarnya mudah ditemukan, genset ini juga memiliki kapasitas watt yang sangat tinggi. Genset diesel bisa menghasilkan sekitar 5 Kw (5.000 watt) hingga 2 Mw (2.000.000 watt).

Kelemahan dari genset yang memiliki 2 hingga 16 silinder ini adalah harganya yang mahal, bahkan jauh lebih mahal daripada harga genset berbahan bakar bensin.

3. Genset Bensin

Genset yang paling populer adalah genset bensin. Kepopuleran genset ini tidak lain karena harganya yang lebih murah daripada genset lainnya. Genset ini biasa dipakai di tempat yang tidak memerlukan daya listrik besar karena listrik yang bisa dihasilkan oleh genset bensin hanya mencapai 10 Kw atau 10 ribu watt.

4. Genset Turbin

Genset ini cocok digunakan untuk tempat yang membutuhkan daya listrik besar, seperti perusahaan dan pabrik. Hal ini disebabkan kapasitas listrik yang dihasilkan oleh genset turbin bisa mencapai 2 Mw atau 2.000.000 watt.

Bahkan saking besarnya daya yang dihasilkan, dengan menyatukan beberapa buah genset ini, dapat mencukupi kebutuhan pasokan listrik untuk sebuah kota kecil.

Untuk mendapatkan turbin sesuai kebutuhan, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif, salah satunya dengan menghubungi https://sewatama.com/id/. Di sana Anda dapat memperoleh semua informasi mengenai genset yang Anda perlukan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+