Manfaat Mendapatkan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh

10 Februari 2019

Vitamin merupakan senyawa organik yang diperlukan oleh tubuh untuk mengatur metabolisme tubuh dan membantu proses pertumbuhan. Bagi Anda, ibu yang sedang hamil, vitamin sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh dan janin Anda. Dalam vitamin ibu hamil terdapat berbagai manfaat yang terkadungnya. Berikut manfaat vitamin bagi ibu hamil.

Manfaat Mendapatkan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh

Manfaat Mendapatkan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh

Manfaat Mendapatkan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Bagi ibu hamil vitamin ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena merupakan antioksidan alami yang dapat mencegah radikal bebas. Tubuh ibu hamil akan tetap sehat dan terhindar dari bakteri, virus dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi vitamin A bagi ibu hamil adalah dapat membantu pertumbuhan janin. Vitamin ini akan membatu dalam proses pembentukan organ dan jaringan pada perkembangan janin seperti mata, tulang dan juga kulit.

2. Vitamin C

Vitamin C bagi ibu hamil sangat dibutuhkan untuk melindungi janin Anda. Manfaat yang diberikan yakni melindungi dan menjaga kesehatan sel, membentuk kolagen di dalam tulang, otot, tulang rawan, kulit dan pembuluh darah. Manfaat yang lain adalah dapat menjaga kesegaran tubuh bagi Anda ibu hamil agar tidak mudah lelah dan lemas.

Vitamin ini juga penting untuk perbaikan jaringan, melawan infeksi dan membantu tubuh menyerap zat besi yang dibutuhkan janin. Dengan adanya zat besi yang dapat diserap dengan baik dapat menghindarkan ibu hamil dari anemia.

3. Vitamin D

Vitamin D ini sangat berperan pada pertumbuhan janin. Manfaat vitamin ini bagi ibu hamil adalah dapat membantu penyerapan fosfat dan kalsium dalam tubuh yang dapat membantu pertumbuhan tulang yang kuat dan tidak mudah rapuh. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk pertumbuhan sel, menguatkan otot dan meningkatkan sistem kekenalan tubuh.

4.  Kalsium

Manfaat yang dimiliki oleh kalsium sebagai vitamin ibu hamil adalah mampu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Vitamin ini dapat menghindarkan Anda dari kondisi preklamsia atau tekanan darah tinggi pada saat kehamilan. Bagi janin, kalsium memiliki manfaat agar bayi bisa terhindar dari risiko cacat fisik dan kesehatan jantung yang baik.

5. Asam Folat

Manfaat asam folat bagi ibu hamil pada saat masa kehamilan adalah mampu menambah eritrosit yang berguna bagi perkembangan janin agar tidak mengalami kelaian pada saat dilahirkan. Selain itu, manfaat yang lain adalah mencegah terjadinya keguguran selam masa kandungan.

Bila Anda ibu hamil yang pada kondisi normal sering mengalami depresi, asam folat juga memiliki manfaat untuk mencegah depresi. Depresi yang dialami oleh ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi ibu hamil dan janin yang terdapat pada kandungan.

6. Zat Besi

Manfaat yang didapatkan dari vitamin ini adalah sebagai pengantar oksigen di dalam tubuh. Semua organ yang terdapat pada ibu hamil memerlukan oksigen termasuk janin yang berada dalam kandungan. Selain itu, zat besi juga berguna untuk membantu meningkatkan hormon yang akan membantu mempermudah prosesi kelahiran dari sang bayi.

Bagi janin, hal yang paling penting adalah plasenta. Zat besi ini juga dapat bermanfaat sebgai pembentuk plasenta, sehingga nutrisi atau sari pati makanan dapat tersalurkan ke tubuh bayi. Manfaat yang lainnya yang diperoleh adalah bayi dapat terhindar dari risiko kekurangan berat badan.

Jadi bagi Anda ibu hamil yang sedang mengandung buah hatinya, haruslah dapat memproleh vitamin ibu hamil yang tercukupi. Hal ini adalah dengan maksud agar tubuh ibu hamil tetap sehat dan perkembangan janin juga baik. Mulailah dari saat ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+