Nikah di Bali? Ini Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dikeluarkan

11 November 2018

Menikah memang salah satu impian yang paling didambakan setiap orang. Apalagi bila pernikahan tersebut diadakan resepsi yang besar-besaran dan di tempat bergengsi pula, sebut saja Bali. Bila Anda ingin menikah di kota wisata ini, Anda harus merencanakan rincian biaya pernikahan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan resepsi dengan momen yang membekas namun tidak membuat kantong Anda bolong. Lantas, sebenarnya berapa sih, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan resepsi pernikahan di Pulau Dewata? Lebih lengkapnya simak di bawah ini, ya!

Nikah di Bali, Ini Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dikeluarkan

Nikah di Bali, Ini Rincian Biaya Pernikahan yang Harus Dikeluarkan

1. Akad Nikah dan Pencatatan Sipil

Paling penting dalam sebuah pernikahan tentu saja akad nikahnya, kan? Jika Anda melakukan akad nikah di depan seorang pendeta saja, Anda hanya perlu merogoh dana sekitar 5 jutaan sudah termasuk catatan sipil. Namun, bila Anda mengadakan akad nikah dengan cara keagamaan, dana yang dikeluarkan jauh lebih besar. Sekitar 8 hingga 12 juta.

2. Wedding Organizer

Selanjutnya untuk Wedding Organizer (WO). WO sangat penting perannya dalam menyukseskan resepsi pernikahan Anda sebab ialah yang menangani semua keperluan pernikahan. Tak ada salahnya bila Anda menggunakan jasa WO untuk mengatur pernikahan Anda agar Anda sendiri tak repot. Untuk biayanya, WO di Bali rata-rata menerapkan dana sekitar 15 jutaan.

3. Tempat Pernikahan

Setelah akad nikah dan WO, Anda juga harus menentukan tempat pernikahan. Banyak tempat pernikahan yang bisa Anda pilih, tergantung tema yang Anda inginkan. Ada tempat pernikahan atau venue berupa kapel, resort, bisa juga villa. Beberapa venue biasanya menawarkan paket pernikahan yang lengkap. Paket pernikahan itu seperti katering, dekor, fotografi make up dan masih banyak lagi. Venue yang menyediakan paket lengkap seperti ini biasanya menerapkan harga sekitar 35 jutaan sekali sewa.

4. Katering

Nah, bila Anda memilih venue namun tidak mengambil paket lengkap, Anda harus menyediakan hal lainnya seperti katering. Di Bali, untuk hidangan menu lokal, biasanya dibanderol sekitar Rp300.000,- per pak. Sedangkan untuk menu western, harga yang diterapkan sekitar Rp500.000,- per pak.

5. Dekorasi

Lalu dekorasi. Dekorasi juga tak boleh Anda lupakan untuk menghasilkan momen pernikahan yang spesial. Sebenarnya, memang lebih hemat bila Anda memilih mendekor sendiri. Tapi, tentu saja itu bukan perkara yang mudah. Tak masalah Anda menambahkan sedikit dana pada rincian biaya pernikahan Anda untuk dekorasi ini asal Anda tak capai.

Untuk dekorasi, biasanya biaya yang diterapkan sekitar Rp7.500.000. Biaya ini sudah termasuk biaya dekor yang paling murah. Tapi, biasanya pada paket dekor dengan harga ini, Anda sudah mendapatkan layanan tukang dekor serta florist. Jadi, tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk ini.

6. Fotografi dan Videografi

Pastinya rugi kan bila jauh-jauh nikah ke Bali tapi tidak mengabadikan momennya! Nah, untuk itulah Anda harus menyewa biaya fotografi dan videografi. Untuk mendapatkan jasa fotografi dan videografi yang andal serta terbaik, Anda harus merogoh kantong sekitar 15 jutaan. Meski mahal kualitas foto yang dihasilkan dijamin terbaik dan Anda tak akan kecewa.

Bagaimana? Sudah menyiapkan dana yang pas dengan rincian biaya pernikahan yang Anda buat? Jika belum, Anda bisa meminjam dana di Tunaiku. Di Tunaiku, Anda bisa meminjam uang dengan cepat dan tanpa ribet dengan besaran dana sekitar 2 hingga 20 juta. Tak perlu syarat yang ribet, cukup mengajukan pinjaman secara online dan menunjukkan KTP saja.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+