5 Olahraga yang Membantu Menaikkan Massa Otot

23 September 2021

Bentuk tubuh berotot bisa didapatkan dari latihan rutin dengan olahraga yang sesuai. Kemudian juga ditambahkan dengan nutrisi seperti L-Men yang telah direkomendasikan dapat membantu peningkatan massa otot.

Memiliki tubuh berotot saat ini diinginkan oleh banyak orang, bahkan perempuan juga. Sehingga olahraga-olahraga yang dapat membantu perkembangan otot lebih cepat banyak dipilih. Apakah Anda juga sedang dalam program menaikan massa otot? Jika demikian, maka beberapa rekomendasi olahraga berikut akan sangat membantu.

Rekomendasi 5 Olahraga untuk Menaikkan Massa Otot

Olahraga yang Membantu Menaikkan Massa Otot

Ilustrasi olahraga

Berolahraga untuk menaikkan massa otot memang penting, bahkan merupakan hal paling utama di samping nutrisi yang tepat. Beberapa olahraga ini bisa sangat membantu Anda dalam menaikkan massa otot:

1. Push Up

Olahraga pertama yang dapat Anda lakukan adalah push up, olahraga ini sudah lama digunakan untuk mengencangkan otot lengan atas, pundak, dan dada, juga bagian inti. Letakkan kedua tangan dilantai lebih lebar dari pundak, lalu turunkan dada perlahan hingga hampir menyentuh lantai dan kembali naik.

Meskipun olahraga ini sangat membantu mengencangkan otot-otot Anda, tapi jangan berlebihan melakukannya. Sebab jika berlebihan juga akan melukai otot, bukannya sehat malah Anda mengalami cidera.

2. Squat

Melakukan squat merupakan olahraga lain yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan massa otot. Anda bisa melakukannya kapan saja dan tidak memerlukan alat bantu apa pun. Otot-otot bagian tubuh bawah merupakan fokus latihan olahraga ini, yaitu otot bokong, pinggul, paha, dan betis.

Anda harus melakukan olahraga ini sambil berdiri dengan menjajarkan kedua kaki dengan pundak, lalu angkat kedua lengan ke depan atau letakkan di bagian belakang kepala. Lalu berjongkok dengan bertumpu pada kedua tumit, lakukan beberapa kali. Jangan lupa, tambahkan nutrisi seperti L-Men agar membantu pertumbuhan massa otot.

3. Pull Up

Olahraga satu ini sedang tren di kalangan para lelaki, tapi tidak sedikit juga perempuan dapat melakukannya. Pull up merupakan olahraga yang dapat membantu mengencangkan otot di bagian atas tubuh, seperti lengan, bahu, dan dada.

Untuk melakukan pull up Anda membutuhkan alat, yaitu pull up bar. Pull up bar merupakan sebuah pegangan yang bisa menopang tubuh, biasanya dibuat dari besi yang kuat. Letakkan tangan Anda pada pull up bar, lalu angkat tubuh hingga dagu melewati bar tersebut dan lakukan hingga 10-15 kali setiap hari.

4. Deadlift

Olahraga satu ini membutuhkan kekuatan karena Anda akan melakukan angkat beban. Namun, tidak seperti olahraga angkat besi atau beban biasa, Anda harus melakukan deadlift sambil berdiri, karena untuk melatih bagian otot paha depan, bokong, pinggul, lengan, dan punggung bawah.

Barbel yang diangkat harus dinaikturunkan setinggi pinggul dan dilakukan dengan posisi berdiri tegak. Tidak seperti pada angkat beban yang mengharuskan mengangkat beban hingga di atas kepala.

5. Bench Press

Terakhir, ada olahraga yang fokus dilakukan untuk melatih bagian otot dada, lengan atas, dan pundak, disebut bench press. Gerakan olahraga ini memerlukan bantuan alat yaitu palang barbel dan bangkunya.

Anda harus berbaring di bangku pada bagian bawah palang barbel, kemudian kedua tangan mengangkat barbel dengan gerakan naik turun sembari mengatur napas. Lakukan setidaknya 15 hingga 30 menit.

Bagaimana, Anda sudah siap melakukan olahraga-olahraga di atas untuk menaikkan massa otot? Banyak orang yang mengkombinasikan olahraga-olahraga tersebut untuk mendapatkan hasil optimal. Selain itu, konsumsi L-Men setiap hari juga membantu perkembangan massa otot lebih cepat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+