Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

23 Maret 2019

Tidak hanya bau mulut, masalah bau badan juga dapat membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas atau tidak percaya diri. Anda harus segera mengetahui penyebab bau badan yang dialami agar bisa mengatasinya dengan mudah. Jangan dibiarkan menjadi masalah yang berkelanjutan. Berikut ini penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab Bau Badan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

1. Kelebihan Berat Badan

Penyebab yang sering tidak disadari dari masalah bau badan adalah berat badan berlebihan. Masalah berat badan yang dialami membuat banyaknya pori-pori tubuh menjadi tersembunyi di dalam lekuk tubuh. Area yang hangat, beruap, dan gelap akan membuat mikroorganisme berkembang pesat. Hal ini lah yang membuat badan menjadi bau.

Anda bisa mengatasi penyebab ini dengan mengontrol berat badan. Caranya dengan menjaga pola makan yang seimbang dan melakukan olahraga. Timbanglah berat badan secara rutin agar bisa terus mengontrol perkembangannya.

2. Infeksi

Bau badan dapat terjadi ketika kulit mengalami infeksi. Kuman yang ada di kulit dapat menyebabkan terjadinya keringat yang bau. Jangan membiarkan masalah infeksi ini karena akan membuat bakteri mikro organisme pada kulit akan semakin berkembang.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menjaga kebersihan kulit. Gantilah pakaian yang telah kotor. Pastikan pakaian yang digunakan dalam keadaan bersih. Gunakan sabun yang dapat membasmi kuman dan bakteri pada kulit yang membuat badan menjadi bau.

3. Deterjen

Penyebab bau badan juga dapat terjadi karena masalah detergen yang digunakan tidak tepat. Beberapa senyawa detergen dapat menyebabkan terjadinya reaksi pada tubuh yang membuat Anda menjadi berkeringat dan berbau tidak sedap.

Penting sekali untuk memilih detergen yang berkualitas dengan kandungan aroma yang dapat membuat pakaian menjadi wangi. Anda bisa mencegah penyebab ini dengan mencuci pakaian dengan bersih menggunakan sabun cuci terbaik.

4. Makanan

Bau badan yang dialami juga dapat disebabkan oleh makanan. Misalnya makanan yang dapat menyebabkan bau badan adalah rempah dan brokoli. Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi rempah jangan terlalu berlebihan. Terutama bawang merah yang dapat membuat keringat menjadi tidak sedap.

Cara mengatasi masalah ini dengan tidak mengonsumsinya terlalu banyak dan bisa menggunakan deodorant. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan tubuh dan memberikan kenyamanan. Solusi lainnya konsumsilah makanan ini sebelum Anda mandi, jadi setelah mandi bau tidak sedapnya akan terbasmikan.

5. Konsumsi Obat-Obatan

Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan juga dapat membuat tubuh Anda menjadi bau. Biasanya kandungan yang menyebabkan bau badan ini pada pengguna obat aspirin dan acetaminophen. Obat ini membuat produksi keringat menjadi berlebihan.

Cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan dengan optimal agar tidak terus-menerus mengonsumsi obat-obatan. Selain itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal agar tidak terjadi masalah bau badan.

6. Buang Air Ditahan

Penyebab ini sering dianggap sepele, tetapi sangat berdampak. Anda yang suka menahan buang air akan memiliki bau badan yang tidak sedap. Ini karena terjadinya penumpukan ammonia dalam jumlah tinggi lewat keringat ketika Anda menahan buang air. Cara mengatasinya dengan melakukan buang air besar pada bagi hari secara rutin dan juga melakukan buang air kecil.

Selain penyebab bau badan di atas, pada wanita bau badan juga dapat terjadi karena hormon. Oleh karena itu penting untuk Anda menjaga kebersihan tubuh dengan baik agar tidak terjadi masalah dan tetap beraktivitas dengan percaya diri. Salah satu sabun yang direkomendasikan adalah lifebuoy. Anda bisa mendapatkan informasi lebih detail di lifebuoy.co.id

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+