Perbedaan Broker Asuransi dan Agen Asuransi

20 Agustus 2020

Kepemilikan asuransi telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat, baik asuransi untuk pribadi maupun asuransi bisnis untuk perusahaan. Memiliki asuransi pada dasarnya merupakan perlindungan finansial, artinya ketika terjadi risiko kerugian terhadap objek yang diasuransikan, maka pemegang polis asuransi dapat mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Jika klaim disetujui, maka nasabah akan menerima nilai klaim akibat risiko yang terjadi sesuai dengan kesepakatan yang tertera di polis asuransi yang dibeli.

Kepemilikan asuransi dapat dibeli melalui agen asuransi dan broker asuransi dimana masing-masing bertanggung jawab untuk membantu nasabah mendapatkan cakupan manfaat proteksi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Namun, terdapat perbedaan antara agen asuransi dan broker asuransi.

Perbedaan mendasar antara agen asuransi dan broker asuransi adalah:

  • Broker asuransi mewakili kepentingan klien (nasabah)
  • Agen asuransi mewakili kepentingan perusahaan asuransi

Perbedaan Peran Agen Asuransi dan Broker Asuransi

Perbedaan Broker Asuransi dan Agen Asuransi

Ilustrasi asuransi

Agen Asuransi

Agen asuransi adalah seseorang atau Badan Hukum yang fungsinya memberikan jasa dalam memasarkan produk asuransi untuk dan atas nama perusahaan asuransi atau penanggung.

  1. Ketika calon tertanggung atau nasabah ingin membeli produk asuransi dari sebuah perusahaan asuransi, maka yang berhubungan dengan calon tertanggung adalah agen asuransi.
  2. Agen asuransi akan menjadi perantara terjadinya kesepakatan antara nasabah) (tertanggung) dan perusahaan asuransi (penanggung) yang nantinya akan diatur dalam perjanjian asuransi.

Pada umumnya, pembelian asuransi terjadi karena keinginan adanya perlindungan terhadap aset atau kompensasi biaya penggantian jika terjadi pengobatan dan rawat inap. Untuk itu, agen asuransi selalu mendengarkan kebutuhan calon nasabah mengenai asuransi dan dapat menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Broker Asuransi

Broker asuransi adalah sebuah badan yang dibentuk untuk membantu nasabah guna mendapatkan hak-haknya secara penuh atas perusahaan asuransi di mana nasabah tersebut tercantum namanya sebagai pemegang polis.
Broker asuransi mewakili kepentingan klien (nasabah) untuk membantu mengidentifikasi risiko bisnis dan memberikan solusi pilihan asuransi bisnis dan manfaatnya sesuai kebutuhan dan risiko bisnis, serta akan membantu menyediakan konsultasi jika terjadi klaim.

Adapun peran dan tugasnya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan identifikasi risiko terhadap segala bentuk usaha-usaha penghilangan, pengurangan serta menghindarkan kemungkinan terjadinya risiko tersebut.
  2. Memiliki afiliasi dengan beberapa perusahaan asuransi (penanggung).
  3. Membantu memilihkan penanggung (perusahaan asuransi) yang aman bagi klien (tertanggung), mempersiapkan dan membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif.
  4. Menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien (tertanggung).
  5. Selama polis berjalan, broker asuransi wajib membantu pemegang polis atau tertanggung dalam rangka memenuhi persyaratan pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi, serta menginformasikan perkembangan status klaim atau manfaat, dan besarnya nilai klaim atau manfaat yang disetujui.
  6. Broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program selama polis masih berjalan.
  7. Wajib melakukan peninjauan atas kredibilitas perusahaan asuransi dari berbagai aspek termasuk aspek finansial dan kemampuan/kapasitas dalam menerima risiko tertentu.

Broker asuransi yang profesional dan berpengalaman sangat penting dalam mengelola dan menilai risiko bisnis. Salah satu broker asuransi terkemuka dan berpengalaman di Indonesia adalah Marsh Indonesia.

Marsh sendiri merupakan broker asuransi terkemuka di dunia dalam mengelola risiko, memberikan pilihan asuransi bisnis yang sesuai dengan profil risiko bisnis, dan telah berpengalaman dalam membantu mengelola risiko ribuan perusahaan.

Source:

  • http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_2_1992.htm
  • https://www.asura.co.id/blog/perbedaan-agen-dan-broker-asuransi-yang-perlu-anda-ketahui
  • https://www.cermati.com/artikel/mengenal-broker-asuransi-seperti-apa-peran-dan-tanggung-jawabnya
Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+