Tips Agar Memiliki Tabungan dengan Gaji Minim

28 Januari 2022

Sebagian orang ingin memiliki tabungan untuk masa depan, tapi terkadang gaji yang terlalu kecil menjadi hambatan. Apalagi kebutuhan hidup pada masa pandemi yang lebih banyak membuat Anda tidak memiliki tabungan, tapi bukan berarti Anda harus menyerah sekarang. Anda bisa memiliki tabungan tanpa biaya admin di bank yang menawarkan layanan menguntungkan ini, lho!

Cara Mengatur Keuangan Agar Anda Punya Tabungan

Tips Agar Memiliki Tabungan dengan Gaji Minim

Ilustrasi tabungan

Memiliki simpanan dalam nominal kecil pun sangat membantu Anda saat kondisi darurat. Jadi, utamakan untuk menabung sebelum membeli barang yang tidak masuk kategori kebutuhan utama. Bila Anda masih bingung bagaimana menabung dengan gaji pas-pasan tiap bulan, maka perhatikan beberapa tips berikut:

1. Menetapkan tujuan tabungan lebih dulu

Tetapkan tujuan awal Anda menabung untuk kebutuhan apa saja agar fokus menabung tetap terjaga. Selain itu, menetapkan tujuan tabungan bisa membantu Anda dalam menentukan nominal tabungan yang harus Anda sisihkan setiap bulan. Misalnya Anda tengah mempersiapkan dana untuk menikah dalam dua atau tiga tahun kedepan, maka bisa mengkalkulasi berapa nominal yang harus ditabung sesuai dengan budget pernikahan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk jenis tabungan lain seperti membeli rumah, pendidikan anak, umroh, dan lain-lain.

2. Buat daftar prioritas pengeluaran

Jangan lupa untuk selalu membuat catatan pengeluaran setiap bulan agar tidak ada pengeluaran yang sia-sia. Anda bisa membuat daftar prioritas pengeluaran bulanan dengan sistem 20:30:50 atau sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Misalnya 50 persen dari gaji untuk biaya hidup, 30 persen untuk bayar hutang dan kebutuhan lain, sedangkan 20 persen wajib Anda sisihkan untuk tabungan, investasi dan asuransi.

3. Memanfaatkan promo atau diskon untuk belanja kebutuhan

Supaya pengeluaran Anda bisa lebih hemat setiap bulan, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan promo atau diskon belanja kebutuhan di supermarket atau belanja online. Anda harus membuat catatan barang yang hendak dibeli lebih dulu guna mencegah keinginan membeli produk di luar kebutuhan utama. Hal ini sangat penting dalam melakukan manajemen pengeluaran agar Anda bisa punya tabungan meski punya gaji pas-pasan.

4. Memiliki tabungan untuk koin atau uang kecil

Koin atau uang kecil tidak boleh Anda remehkan sebab bisa memiliki nilai besar bila terkumpul dalam jumlah yang banyak. Selalu masukkan uang kecil ke dalam celengan di rumah, kemudian Anda bisa tabung saat koin sudah terkumpul banyak.

5. Memiliki tabungan tanpa biaya admin

Menabung sangat susah bagi sebagian orang yang belum bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan yang lebih vital. Anda bisa menabung di bank yang memiliki layanan tabungan tanpa biaya admin guna menghemat pengeluaran administrasi dari perbankan.

Adanya tabungan di bank akan membantu Anda lebih semangat dalam menabung, kemudian bisa mendapatkan bunga sesuai ketentuan yang berlaku. Pemakaian belanja online dengan kartu debit yang memiliki program promo di merchant tertentu juga bisa memberikan keuntungan lebih, ya!

Kini Anda yang punya gaji kecil pun, wajib memiliki simpanan guna masa depan yang lebih terjamin nanti. Pastikan untuk membuka rekening tabungan tanpa biaya admin di era digital yang serba mudah dan praktis sekarang juga. Setiap gajian pada akhir atau awal bulan, segera sisihkan uang Anda untuk menabung lebih dulu. Hindari melakukan kebiasaan buruk memiliki uang sisa baru menabung sebab Anda tidak bisa menabung lebih disiplin. Tabungan akan membantu Anda saat kondisi darurat atau bisa merencanakan finansial lebih mendukung pada hari tua sejak dini, ya!

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+