8 Tips Mengurangi Dampak Radiasi Smartphone

7 Juli 2020

Memiliki smartphone dengan berbagai fitur canggih di dalamnya seperti smartphone Infinix Hot 9 merupakan kebutuhan setiap orang. Smartphone kini telah dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari. Namun teknologi smartphone yang menggunakan sinyal nirkabel juga memberikan efek radiasi yang tidak baik bagi kesehatan jika Anda tidak bijak menggunakan smartphone tersebut.

Agar Anda bisa tetap menjaga kesehatan dan tetap menggunakan kecanggihan smartphone dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa tips untuk mengurangi dampak radiasi pada smartphone.

Tips Mengurangi Dampak Radiasi Smartphone

Tips Mengurangi Dampak Radiasi Smartphone

Tips Mengurangi Dampak Radiasi Smartphone

1. Jangan terlalu lama menelepon dekat telinga

Salah satu cara yang cukup mudah untuk mengurangi radiasi dari smartphone adalah jangan menempelkannya terlalu lama di telinga Anda. Terlalu sering mendekatkan smartphone pada telinga disinyalir akan mendekatkan sumber radiasi tersebut pada otak dan tentunya berbahaya untuk otak jika Anda terus-menerus melakukannya dalam jangka waktu yang lama.

Maka, jika Anda butuh untuk menelepon seseorang dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda menggunakan perangkat tambahan seperti headset agar tidak terlalu lama menaruh smartphone di dekat telinga Anda untuk menelepon. Cara lainnya yaitu dengan membatasi durasi saat Anda menelepon. Jika memang Anda butuh untuk berbicara lama, lebih baik Anda bertemu dan mengobrol langsung saja dengan orang tersebut.

2. Jangan menyimpan smartphone pada kantong pakaian

Memiliki smartphone yang canggih seperti Infinix Hot 9 memang bisa mempermudah segala pekerjaan sehingga Anda akan menyimpan benda ini di tempat yang cukup mudah untuk diambil, misalnya di saku baju. Namun ternyata menyimpan smartphone di dalam saku baju akan membuat Anda terpapar radiasi lebih tinggi, terlebih jika Anda melakukan hal ini dalam waktu yang lama dan Anda lakukan setiap hari.

Agar Anda bisa lebih aman dari resiko radiasi, biasakanlah untuk menyimpan smartphone di dalam tas saja. Selain itu, menyimpan smartphone dalam tas juga bisa membuat smartphone lebih aman dari resiko pencurian oleh orang lain.

3. Menggunakan mode pesawat saat tidak digunakan

Jika Anda memang sedang tidak membutuhkan smartphone dan tidak sedang mengoperasikannya, Anda bisa mengganti mode pada smartphone Anda menjadi mode pesawat. Mengganti mode smartphone ke mode pesawat bisa mengurangi efek radiasi yang terpancar karena sinyal smartphone Anda akan mati dalam mode tersebut, sehingga pancaran radiasi akan menjadi non aktif.

Selain itu, mengganti smartphone ke mode pesawat saat sedang tidak digunakan juga bermanfaat untuk menghemat baterai smartphone, terlebih jika Anda sedang berada di luar rumah dan tidak membawa charger.

4. Mengukur jarak mata ke layar

Radiasi dari teknologi seperti smartphone yang membahayakan kesehatan bukan berasal dari sinyal atau gelombang nirkabel saja, melainkan juga dari radiasi layar smartphone tersebut. Melihat layar smartphone terlalu lama dan terlalu dekat juga akan membahayakan kesehatan mata. Jadi, berikanlah jarak yang tepat saat Anda memainkan smartphone Anda. Jangan biarkan mata Anda terlalu dekat menatap layar.

5. Jangan memainkan smartphone saat hendak tidur

Kebiasaan orang-orang sebelum tidur saat ini adalah memainkan smartphone. Namun hal ini ternyata berbahaya karena paparan radiasi dari smartphone bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Jadi, jika Anda sudah berniat tidur, simpanlah smartphone dan gunakanlah lagi keesokan harinya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi paparan radiasi smartphone. Dengan tips aman tadi, Anda bisa memakai smartphone Infinix Hot 9 kesayangan Anda tanpa mengganggu kesehatan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+