6 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sepatu

5 Januari 2020

Sepatu merupakan salah satu fashion item yang cukup penting baik bagi para wanita maupun pria. Model sepatu selalu memiliki tren baru setiap tahunnya seperti beragam model yang bisa Anda beli di Hush Puppies Indonesia dan toko-toko sepatu lainnya. Namun, dalam memilih sebuah sepatu, Anda tidak cukup hanya mementingkan model dan tampilannya saja. Hal lain yang tidak kalah penting adalah memperhatikan faktor kenyamanan bagi kaki Anda.

Tips Memilih Sepatu dengan Benar

6 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sepatu

6 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sepatu

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih sepatu agar bisa nyaman dikenakan di kaki Anda.

1. Beli sepatu pada sore hari

Waktu ideal untuk membeli sepatu adalah pada saat sore hari. Ketika sore hari, kaki akan cenderung membesar menjadi ukuran maksimalnya akibat aktivitas yang dilakukan dari pagi hingga sore hari. Maka, Anda bisa mengetahui ukuran yang tepat dan sesuai untuk kaki Anda dan mencegah Anda membeli sepatu yang kekecilan.

2. Beri jarak 1,2 centimeter

Cara pemilihan sepatu yang terbaik adalah dengan menyediakan jarak sekitar 1,2 centimeter antara jari terpanjang kaki Anda dengan ujung sepatu. Cara mengetahui jarak ini adalah dengan memasukkan jari telunjuk ke bagian belakang tumit. Hal ini akan berdampak pada kenyamanan kaki Anda.

3. Jangan hanya terpaku pada nomor

Anda mungkin memiliki patokan berapa nomor sepatu yang biasa Anda gunakan. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak selamanya semua nomor sepatu memiliki ukuran yang sama persis. Ada kemungkinan perbedaan nomor sepatu antara produsen yang satu dengan produsen yang lain.

Jadi, ketika Anda berniat membeli sepatu di toko seperti Hush Puppies Indonesia atau toko-toko sepatu lain, Anda harus tetap mencoba langsung sepatu tersebut meskipun nomor sepatunya sudah tepat dengan ukuran Anda.

4. Pilih bahan yang nyaman

Sah-sah saja bagi Anda untuk memilih sepatu sesuai tren yang sedang banyak diminati, namun memilih bahan sepatu merupakan hal yang terpenting untuk kenyamanan kaki Anda. Bahan sepatu yang paling nyaman digunakan untuk waktu lama adalah sepatu dengan bahan dari sintetis dan bahan dari kulit yang lembut.

Bahan ini dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki dan melindungi bagian kaki yang sensitif terhadap benturan atau gesekan. Sementara bahan sepatu seperti plastik atau kulit yang kaku tidak akan terlalu nyaman saat dikenakan.

5. Mencoba dengan berjalan sebentar

Setelah memilih bahan yang nyaman dan ukuran yang tepat di kaki Anda, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat membeli sepatu adalah mencobanya untuk berjalan-jalan sebentar. Jangan mencobanya di atas karpet, karena semua sepatu akan terasa nyaman jika digunakan berjalan diatas karpet. Jika sepatu tersebut tidak terlalu nyaman saat dibawa berjalan, maka sebaiknya Anda tidak perlu memaksakan untuk membelinya.

6. Periksa sol sepatu

Periksa jahitan dan sol sepatu yang hendak Anda beli dengan teliti. Cermati apakah bagian bawah sepatu tersebut dapat melindungi kaki Anda dari benda-benda tajam. Selain itu cara mengecek hal ini adalah dengan mencoba memakai sepatu di permukaan-permukaan yang keras.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika berniat untuk membeli sepatu. Dengan banyaknya trend dan model sepatu yang selalu muncul setiap tahun yang bisa dengan mudah Anda beli di berbagai toko sepatu Hush Puppies Indonesia dan toko-toko sepatu lain semakin memanjakan para pecinta koleksi sepatu. Meskipun begitu, faktor kenyamanan sepatu adalah hal yang terpenting karena sepatu adalah barang yang akan Anda gunakan dalam beraktivitas sepanjang hari. Jadi, belilah sepatu yang nyaman untuk Anda kenakan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+